Sejarah Perkembangan Game


   Selamat datang diblog indoorgames88. Pada kesempatan kali ini, indoorgames88 akan memberikan informasi mengenai "Sejarah Perkembangan Game". Game merupakan kegiatan yang kompleks yang di dalamnya terdapat peraturan, play, dan budaya. Sebuah permainan terdapat sistem, dimana pemain terlibat dalam konflik buatan, disini pemain berinteraksi dengan sistem dan konflik dalam permainan yang merupakan rekayasa atau buatan. Dalam permainan terdapat peraturan yang bertujuan untuk membatasi perilaku pemain dan menentukan permainan.

Asal-usul permainan game terletak pada awal tabung sinar katoda berbasis pertahanan peluru kendali sistem pada akhir 1940-an. Game sederhana ini dirancang oleh Thomas T.Goldsmith Jr. dan Estle Ray Mann yang kemudian diadaptasikan ke dalam permainan sederhana lainnya. Pada akhir 1950-an dan melalui tahun 1960-an, lebih banyak permainan komputer yang dikembangkan secara tingkat kecanggihan dan kompleksitasnya pun turut bertambah.



Banyak yang menyebutkan bahwa penemu video game adalah William Higinbotham. Pada tahun 1952, A.S Douglas membuat OXO, game grafis noughts and crosses atau nol dan silang, di University of Cambridge untuk mendemonstrasikan tesisnya tentang interaksi komputer dan manusia. Permainan ini bekerja pada komputer besar yang menggunakan CRT display. Perangkat game portable genggam yang pertama dibuat adalah Tic Tac Toe di tahun 1972 oleh Waco Company.

Tahun 1958 menciptakan game Tennis for Two pada osiloskop. Game ini  menampilkan lapangan tennis sederhana dipandang dari samping. Bola seakan dipengaruhi oleh gravitasi dan harus melewati net/jaring. Dengan dua kontrol yang masing-masing dilengkapi knop untuk mengarahkan bola dan sebuah tombol untuk memukul bola sampai melewati net.


Mistery House, rancangan ibu rumah tangga, Roberta Williams dipercaya sebagai game petualangan pertama dengan grafis pada Apple II. Meski interface untuk input perintah masih berupa teks, ilustrasi grafik hitam putih sebuah rumah bergaya viktoria yang merupakan gebrakan baru di masa itu. Game ini begitu populer dan mendorong Roberta Williams mendirikan Sierra On-Line bersama suaminya dan terus memproduksi game khususnya petualangan.

Sejarah GAME

Generasi pertama

konsol permainan video berlangsung dari tahun 1972,dengan rilis dari Magnavox Odyssey, hingga 1977, ketika "pong"-style produsen konsol meninggalkan pasar secara massal karena pengenalan dan keberhasilan mikroprosesor berbasis konsol.


Generasi Kedua

Dalam sejarah komputer dan video game, generasi kedua biasanya disebut sebagai awal era 8 bit atau kurang lebih 4 bit yang dimulai pada tahun 1976 dengan merilis Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video sistem. Di era generasi kedua ini yang menjadi penggemar konsol game adalah konsol game ATARI. Dari ki-ka adalah Fairchild Channel F, ATARI 2600, Magnavox Odyssey ver. 2, ATARI 5200.


Generasi Ketiga

Generasi ketiga dimulai pada tahun 1983 dengan dipasarkannya Jepang Family Computer atau lebih dikenal dengan nama FAMICOM, kemudian dikenal sebagai Nintendo Entertainment System diseluruh dunia. Walaupun konsol generasi sebelumnya juga menggunakan 8-bit processor, pada akhir generasi inilah konsol rumah yang pertama kali diberi label oleh mereka "bit". Ini juga masuk ke mode sebagai sistem 16-bit seperti Mega Drive / Genesis dipasarkan untuk membedakan antara generasi konsol. Di Amerika Serikat, generasi game ini terutama di dominasikan oleh NES / Famicom. Di era inilah terjadi perang konsol game pertama antara perusahaan konsol Nintendo dengan SEGA.



Generasi Keempat 

Pada generasi ini, NES mendapat sambutan hangat diseluruh dunia, dan sebuah perubahan bernama Sega mencoba menyaingi Nintendo. Pada tahun 1998, Sega merilis konsol next-generation mereka. Sega Mega Drive atau dikenal dengan Sega Genesis ini menyajikan gambar yang lebih tajam dan animasi yang lebih halus dibanding NES. Konsol ini cukup berhasil memberi tekanan, tetapi NES tetap bertahan dengan angka penjualan tinggi. Dua tahun berselang, Nintendo kembali menggebrak dengan konsol next-gen mereka, SNIES (Super Nintendo Entertainment System). Selama 4 tahun, Nintendo dan Sega menjadi saingan, meskipun ada beberapa produsen seperti SNK dengan NeoGeo-nya, NEC dengan TurboGrafx-16 dan Philips CD-i, tapi kedua konsol mereka begitu handal dan populer.


Generasi Kelima

Generasi kelima atau disebut juga dengan era  konsol 32 bit, dimana konsol game yang paling populer pada generasi ini adalah Sony Playstation.


Generasi Keenam

Pada generasi keenam, sudah ditandai dengan munculnya konsol-konsol game next generation dari masing-masing perusahaan seperti SONY, SEGA, Nintendo serta munculnya satu lagi konsol game baru yang di luncurkan oleh Microsoft yang diberi nama Xbox. Perang konsol game ini akhirnya mengakibatkan jatuhnya perusahaan konsol SEGA yang tidak dapat lagi meneruskan konsol next generation (Dreamcast) mereka dan lebih memilih untuk berkonsentrasi di bidang pembuatan game konsol.



Generasi Ketujuh

Pada generasi ketujuh, perusahaan konsol terbesar seperti Sony, Nintendo, dan Microsoft mengeluarkan kembali konsol next-generation mereka. Sony mengeluarkan konsol next-gen yang diberi nama PS3 (Playstation 3), lalu Nintendo dengan Nintendo Wii kemudian Microsoft dengan Xbox 360. Pada generasi ini semakin dikembangkan sistem permainan online atau permainan yang melibatkan banyak pemain yang terhubung dengan konsol mereka dan semakin di tinggalkannya permainan single player.






Sekian pada postingan kali ini mengenai "Sejarah Game", semoga bermanfaat untuk anda. Apabila anda ingin bertanya, kirimkan komentar anda pada kotak komentar yang sudah disediakan !!


Previous
Next Post »