Cara Install Free Mcboot Dengan Flashdisk


    Selamat datang diblog indoorgames88. Pada kesempatan kali ini, indoorgames88 akan memberikan tutorial kepada anda mengenai "Cara Install Mcboot Dengan Flashdisk". Bagi anda yang mempunyai ps2 tetapi optiknya rusak, anda bisa menggunakan Mcboot sebagai solusinya. Dengan menggunakan Mcboot, anda bisa bermain ps2 dengan menggunakan media Hardisk atau Flashdisk.

Bisa support di all series atau semua jenis tipe PS tanpa perlu membongkar dan mengganti komponen mesin tertentu, kecuali ps2 slim seri 9 / SCPH 9xxxx keluaran akhir yang tidak bisa Plug n play karena biosnya sudah di proteksi oleh Sony dan harus dibongkar mesinnya serta harus dipasang ic matrix terlebih dahulu. Akan tetapi, ada juga seri 9 keluaran pertama yang support Mcboot.

Disini saya menggunakan Ps2 slim ser 72006 dan Flashdisk merk TOSHIBA dengan kapasitas 8 GB. Sebelum menginstall free Mcboot, anda harus memiliki bahan-bahan dibawah ini :
  1. Konsole PS2
  2. Flashdisk minimal 2 GB
  3. Memory Card ps2 dengan kapasitas terserah anda
  4. ELF PSU.rar (DOWNLOAD DISINI)
  5. Ulaunch.iso (DOWNLOAD DISINI)

Cara Install free Mcboot

1. Burn Ulaunch.iso ke cd yang model biasa (yang diburn cukup Ulaunch.iso). Burn bisa menggunakan Nero. Kemudian copy semua file ELF_PSU.rar yang sudah di extract ke Flashdisk anda (pastikan flashdisk sudah di format FAT 32).

2. Jika sudah di burning, jalankan kaset atau cd tadi ke ps2 anda.

3. Selanjutnya colokkan memory card di player 1, lalu colokkan flashdisk diport USB nya.

4. Masuk ke mass:/ copy paste BOOT.psu ke mc0:// (caranya tekan tombol R1 pada file BOOT.psu lalu pilih copy dan tekan tombol SEGITIGA untuk kembali ke menu awal, kemudian masuk ke mc0:/ tekan R1 dan pilih PsuPASTE). Tunggu proses sampai selesai. Jika sudah, masuk ke mass:/ dan copy paste semua file "OPNPS2LD.ELF dan FREE_MCBOOT.ELF" ke mc0:/BOOT lalu paste.

5. Kemudian masuk ke folder mass:/ FREE_MCBOOT.ELF lalu tekan LINGKARAN pada file FREE MCBOOT.ELF. Anda akan dibawa ke Free Mcboot installer, kemudian lakukan Normal instal atau Multi version instal. (Normal instal artinya MCBOOT hanya bisa digunakan di ps2 anda, sedangkan Multiversion instal artinya bisa digunakan untuk ps2 yang lain). Jika sudah di pilih, tunggu proses instalasi sampai selesai.


6. Selanjutnya matikan ps2 anda, lalu keluarkan kaset cd nya dan hidupkan kembali ps2 anda (memory card dan flashdisk jangan dicabut), maka akan muncul gambar seperti dibawah ini :


7. Pilih "FreeMcboot Configuration" kemudian pilih "Configure OSDSYS options", maka akan tampil seperti ini :


8. Kemudian akan masuk ke menu OSD SETTINGS (jangan di klik), pada menu ini tekan arah KIRI / KANAN pada stick anda dan cari FOLDER yang kosong (FREE MCBOOT menyediakan 100 folder untuk memudahkan dalam mengatur software perlengkapan Hardisk, misalnya Ulaunch, OPEN PSLoader, SMS, MC FOORMAT dan lainnya). Setelah anda sudah memilih folder, tekan X pada stick. Disini saya memilih folder nomor 7, pilih "name" dan buatlah nama sesuka anda (saya menamakan OPL).


9. Pilih PATH 1 dan cari file OPEN PS2LOADER.ELF di memory card anda (apabila anda menyimpannya di Hardisk atau Flashdisk, lebih baik pindahkan ke memory card terlebih dahulu agar Hardisk yang kita ganti pengaturannya tidak berubah). Jika anda sudah menemukan file OPEN PS2LOADER, tekan X pada stick anda lalu pilih RETURN. akan seperti tampilan dibawah ini :


10. Nah, pada tahap selanjutnya ada 3 pilihan untuk menyimpan :
     
      (1). SAVE CNF TO MC0 artinya akan di simpan pada memory card slot 1.
      (2). SAVE CNF TO MC1 artinya akan di simpan pada memory card slot.
      (3). SAVE CNF TO MASS artinya akan di simpan pada Hardisk atau Flashdisk anda.

11. Apabila sudah selesai reset ps2 anda, maka hasilnya akan terlihat seperti di bawah ini :


12. Setelah di reset ps2 nya, maka akan tampak OPL di menu free mcboot yang di buat tadi. Selanjutnya anda tinggal masuk ke OPL (memory card tetap terpasang). Setelah loading, nanti akan muncul halaman dari OPL nya (warna biru adalah backgroundnya). Kemudian pilih "settings" lalu ganti baris ini :

      USB device start mode off ubah menjadi auto
    
      HDD device start mode off ubah menjadi auto

13. Selesai, pilih "Save changes". 

Kini anda bisa memainkan game ps2 menggunakan media Hardisk atau Flashdisk. Untuk tahap selanjutnya adalah MENGISI GAME PS2 KE HARDISK ATAU FLASHDISK DENGAN USBUTIL

Previous
Next Post »

8 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
November 7, 2017 at 7:14 PM ×

gan mau nanya. kalau ps2 harddisk di buat maen pake plashdisk(dengan memory) cara ngembalikan ke haddisk lagi gimana?

Reply
avatar
AGYT
admin
September 15, 2018 at 2:14 AM ×

Gan mau nanya nih cara nya burn gimana ya?

Reply
avatar
Shencheng
admin
October 9, 2018 at 6:06 PM ×

makasih gan...
infonya membantu banget...

ijin re-post yah...

Reply
avatar
Unknown
admin
February 6, 2019 at 3:13 AM ×

Kagak kebaca apa apa ini yah.... Browser doang psnya

Reply
avatar
Akrisna
admin
February 10, 2019 at 3:21 AM ×

mau nanya. kan sudah instal free mc boot terus matiin ps hidupin lagi. dia gk ke pengaturan tapi malah ke browser. salahnya dimana ya?

Reply
avatar
Unknown
admin
August 9, 2019 at 6:48 PM ×

Kalo biasanya udah bisa terus tiba tiba game nya tidak muncul di list game apa yang salah ya gan

Reply
avatar
Unknown
admin
September 30, 2019 at 1:46 AM ×

Gan mo nanya dong,, ps2 ane dh pke hdd extrnal ama mc boot yg di colokin ke slot 2,, nah klo mau save game brati bli mc kosong ya trus di colok di slot 1,,, gituuu bukan kira2 gan

Reply
avatar
May 20, 2020 at 2:59 PM ×

Ada blog cara maen game nintendo di ps2 gan?

Reply
avatar